Syair Cinta Mahabbah Rabi'ah Al Adawiyah


Assalamualaikum ...
Hari ini Salam Ukhuwah Muslimah akan berbagi salah satu syair mahabbah atau puisi cinta dari sufi yang terkenal dengan syair syairnya yang begitu dalam.

 

Ya, Rabi'ah Al- Adawiyah
Seorang muslimah yang dijuluki Syahidatul ‘Isyqil Ilahi (wanita yang syahid oleh kerinduan ilahi), muslimah kelahiran Basrah, Irak ini, lahir sekitar abad kedelapan, tahun 713-717 Masehi atau akhir abad ke dua Hijriyah.

Wanita yang menjadi ibunya para sufi ini terkenal akan kecintaannya kepada اللّٰه , Hatinya hanya dipenuhi oleh cintanya terhadap اللّٰه dan Rosulnya. 

Tahukah Muslimah?
Satu diantara ciri penting beberapa sufi adalah upayanya yang gigih untuk menggapai puncak makrifat, sampai “pertemuan” dengan Illahi Rabbi. Untuk ke arah “pertemuan” itu, Rabiah al-Adawiyah menyebutnya ajaran Cinta Illahi. Cinta ialah perasaan yang menentramkan hati serta memeriahkan hati. Cinta bisa dinaikkan sampai puncak. Dan puncak semua cinta ialah cinta pada Yang Maha Mencinta, yaitu Allah SWT. 


Berikut adalah salah satu syair Mahabbah yang sangat menyentuh sekaligus bisa dijadikan untuk muhasabah diri teman teman semua :

Tuhanku, tenggelamkan aku dalam cinta-Mu
Hingga tak ada satupun yang mengganguku dalam jumpa-Mu
Tuhanku, bintang gemintang berkelip-kelip
Manusia terlena dalam buai tidur lelap
Pintu pintu istana pun telah rapat
Tuhanku, demikian malam pun berlalau
Dan inilah siang datang menjelang
Aku menjadi resah gelisah
Apakah persembahan malamku, Engkau terima
Hingga aku berhak mereguk bahagia
Ataukah itu Kau tolak, hingga aku dihimpit duka,
Demi kemahakuasaan-Mu
Inilah yang akan selalau ku lakukan
Selama Kau beri aku kehidupan

Demi kemanusian-Mu,
Andai Kau usir aku dari pintu-Mu
Aku tak akan pergi berlalu
Karena cintaku pada-Mu sepenuh kalbu

Ya Allah, apa pun yang akan Engkau
Karuniakan kepadaku di dunia ini,
Berikanlah kepada musuh-musuh-Mu
Dan apa pun yang akan Engkau
Karuniakan kepadaku di akhirat nanti,
Berikanlah kepada sahabat-sahabat-Mu
Karena Engkau sendiri, cukuplah bagiku

Aku mengabdi kepada Tuhan
bukan karena takut neraka
Bukan pula karena mengharap masuk surga
Tetapi aku mengabdi,
Karena cintaku pada-Nya
Ya Allah, jika aku menyembah-Mu
karena takut neraka, bakarlah aku di dalamnya
Dan jika aku menyembah-Mu
karena mengharap surga, campakkanlah aku darinya
Tetapi, jika aku menyembah-Mu demi Engkau semata,
Janganlah Engkau enggan memperlihatkan keindahan wajah-Mu

yang abadi padaku
---


Sungguh indah bukan syair mahabbah Rabi'ah al adawiyah di atas?
Kira kira apa yang muslimah dapat dari rangkaian kalimat kalimat mahabbah yang indah ini?

Semoga syair mahabbah diatas bisa menjadi renungan untuk muslimah, dan semoga Allah slalu limpahkan rasa cinta kita padanya, agar kita tidak mudah terlena oleh gemerlap dunia yang fana ini.

masih banyak lagi kisah dari sufi Rabi'ah Al Adawiyah yang PASTI akan kita bahas di lain waktu. 
SO? Just Be Smart Muslimah!

Wassalamualikum Wr. Wb


Posting Komentar

0 Komentar