Ini Alasan Belajar Ilmu Fiqih Wanita Itu Penting, Kenapa?

Assalamualaikum ...


Semua ilmu yang diturunkan ke muka bumi ini tentu ada maksut kepentingan dan tujuannya, tapi taukah muslimah ' Kenapa sih kita harus belajar ilmu fiqih wanita secara khusus? ' . Bukankah wanita dan pria sama saja di mata Allah? Lalu kenapa harus ada perbedaan antara ilmu fiqih wanita dan pria?

Apa saja sih hal hal penting yang harus kita ketahui melalui ilmu fiqih ini?

Muslimah,
Ada banyak kepentingan dan alasan khusus kenapa kita harus faham tentang ilmu fiqih wanita, karena meskipun wanita dan pria drajatnya sama di mata Allah, namun ada beberapa hal mengenai fitrah yang berbeda pada diri wanita dan pria.

Maka dari itu sebagai muslimah yang baik kita harus belajar untuk memahami ilmu ilmu fiqih yang telah ditetapkan oleh Allah dan Ajaran Agama Islam.

Mari kita bedah alasan alasan nya :

1. Al-Qur'an Banyak Membahas Detail Masalah Wanita

Sebagaimana Al-Qur'an yang menjadi pedoman hidup kita, Al-Qur'an sangat banyak membahas masalah wanita pada ayat ayat yang ada di dalamnya. Diantaranya ada : Surah An-Nisa' , Surah Maryam, Surah Al-Hujurat, Surah Al-Mujadalah, Surah Al-Mumtahanah, dsb.

Surah An Nisa

Surah yang terletak pada urutan ke empat dalam Al- Qur'an ini berjumlah 176 ayat, dalam surah ini Allah banyak membahas masalah fiqih yang berhubungan dengan wanita, Contohnya :
  • Ayat ke 3 : Penetapan bolehnya laki-laki menikahi empat orang wanita sekaligus adanya di dalam surat ini
  • Ayat ke 4 : Kewajiban suami untuk memberikan mas kawin alias mahar juga di surat ini
  • Ayat ke 6 : Menikahkan anak wanita yang sudah siap menikah 
  • Ayat ke 11 -12 : Islam memberikan hak kepada wanita harta warisan
  • Ayat ke 15 : Kasus istri yang selingkuh dan berzina juga dibahas di surat ini 
  • Ayat ke 22 - 23 : Siapa saja wanita yang haram untuk dinikahi juga ada di dalam surat ini
  • Ayat ke 25 : Bila laki-laki tidak mampu menikahi wanita yang maharnya tinggi, maka silahkan menurunkan kriterianya dengan menikahi wanita yang maharnya lebih rendah
  • Ayat ke 26 : Suami menjadi pemimpin wanita di dalam urusan domestik
  • Ayat ke 127 : Meminta fatwa tentang wanita
  • Ayat ke 128 : Masalah wanita yang nusyuz dari suaminya

Surah Maryam

Surat Maryam ini juga menceritakan seorang wanita hebat yaitu Ibunda dari Nabi Isa Alaihissalam. Surah ini menceritakan bagaimana perjuangan ibunda Nabi Isa berjuang melahirkan dan membesarkan Nabi Isa dengan penuh ikhlas dan ketabahan, meskipun lingkungan nya slalu menghina dan mencaci ibunda Nabi Isa. Kisah yang ditulis di Surah Maryam ini juga mengajarkan semua muslimah bagaimana pentingnya menjaga fitrah dan kehormatan seorang Muslimah.

Surah Al-Hujurat

Arti dari surah Al-Hujurat adalah "kamar-kamar." Maknanya adalah kamar kamar yang ditempati oleh para Istri dari Nabi Muhammad SAW. Meski surah ini tak membahas sepenuhnya tentang wanita, namun surah ini menerangkan bagaimana adab para sahabat kepada Rasulullah SAW saat Rasulullah berada di Kamar bersama istrinya.

Surah Al-Mujadalah

Inti dalam surah ini adalah menhisahkan bahwa ada seorang wanita yang melakukan perdebatan dengan Rasulullah tentang hak haknya yang diambil atau diishar oleh suaminya. Wanita itu bernama Khaulah binti Tsa'labah yang mengadukan maslahnya kepada Allah, lalu Allah memberi jawaban melalui langit ke Tujuh.

Surah Al-Mumtahanah

Surah ini menjelaskan bagaimana Rasulullah melalui lika liku dalam rumah tangganya, salah satunya saat Rasulullah menguji Istrinya.

2. Karena Allah Tak Hanya Ciptakan Pria tapi Juga Wanita

Allah SWT berfirman :

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُواْ رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُم مِّن نَّفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيرًا وَنِسَاء

Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu, dan daripadanya Allah menciptakan istrinya; dan daripada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. (QS. An-Nisa : 1)
---
Dalam ayat ini dijelaskan bahwa Allah juga menciptakan wanita di dunia ini, karena itulah kita sebagai wanita muslim yang baik tentu perlu mempelajari apa yang ada dan harus kita jalankan sesuai syariat Allah SWT.

3. Karena Allah Menciptakan Pria dan Wanita Berbeda

Banyak yang menganggap bahwa pria dan wanita itu sama, padahal pada kenyataannya kedua makhluk itu berbeda, Dalam hal ini Allah Berfirman :

وَلَيْسَ الذَّكَرُ كَالأُنثَى

Artinya : 
Dan laki-laki tidaklah seperti perempuan. (QS. Ali Imran : 36)

Maka dari itu ilmu fiqih wanita penting untuk dipelajari muslimah!

4. Secara Fisik dan Psikis Pria dan Wanita Berbeda

Allah menciptakan pria dan wanita dengan kondisi biologis dan psikis yang berbeda, contoh perbedaan biologi seperti :
  • Seorang wanita pada masanya akan mendapat haidh yang keluar setiap bulan, yang dimana kondisi ini tidak dialami oleh pria
  • Bentuk serta organ tubuh yang berbeda antara pria dan wanita yang mempengaruhi semua fungsi dan kegunaannya
Secara Psikis Pria dan Wanita juga berbeda , hal ini dijelaskan Allah dalam Firmannya :

وَاسْتَشْهِدُواْ شَهِيدَيْنِ من رِّجَالِكُمْ فَإِن لَّمْ يَكُونَا رَجُلَيْنِ فَرَجُلٌ وَامْرَأَتَانِ مِمَّن تَرْضَوْنَ مِنَ الشُّهَدَاء أَن تَضِلَّ إْحْدَاهُمَا فَتُذَكِّرَ إِحْدَاهُمَا  الأُخْرَى

Artinya : Dan persaksikanlah dengan dua orang saksi dari orang-orang lelaki di antaramu). Jika tak ada dua orang lelaki, maka (boleh) seorang lelaki dan dua orang perempuan dari saksi-saksi yang kamu ridai, supaya jika seorang lupa maka seorang lagi mengingatkannya. (QS. Al-Baqarah : 282)

---

Nah itu dia muslimah beberapa hal yang menjadi alasan penting kenapa kita harus belajar Ilmu Fiqih Wanita, Kita harus paham bagaimana kita menyikapi diri kita sendiri dan menjalani hidup sebagai muslimah yang sesuai dengan syariat dan ajarah Allah serta Agama Islam.

Ilmu Fiqih dengan ranah yang lebih dalam akan kita bahas di Artikel berikutnya ya muslimah..
So? Just Be Smart Muslimah!

Wassalamualaikum Wr. Wb

Posting Komentar

0 Komentar